Industry Leading Waranty

HOME KorporasiNews


Cari Cadangan Mineral Baru, Merdeka Cooper Bangun Terowongan Bawah Tanah

Minggu, 09 Februari 2020 700

Cari Cadangan Mineral Baru, Merdeka Cooper Bangun Terowongan Bawah Tanah

Foto : Istimewa

Wartatambang.com, Jakarta. PT Merdeka Cooper Gold Tbk (MDKA) ‎melakukan kegiatan pencarian potensi cadangan mineral baru di wilayah pertambangan Tujuh Bukit, Banyuwangi Jawa Timur, dengan membuat terowongan sepanjang 1996 meter.

Sekretaris Persuhaan Merdeka Copper Gold Adi M. Soekri mengatakan, perusahaan terus berupaya menjaga produksi emas dan perak. MDKA melalui anak usahanya PT Bumi Suksesindo (BSI) telah menemukan potensi cadangan mineral 1500 meter di bawah tanah yang terletak dalam satu kawasan tambang Bukit Tujuh yang dikelolanya.

‎"Posisi endapan bahan galian kurang lebih 1500 meter dibawah permukaan," kata Adi, di Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (6/12/2019).

Dalam melakukan pencarian potensi cadangan, BSI menerapkan pola sumber daya porfiri tembaga dan emas pada Upper High Grade Zone (UHGZ). Eksplorasi itu sudah berjalan sejak kuartal pertama 2018 ditargetkan selesai pda 2021, saat ini pengeboran trowongan sudah sepanjang 1494.

"Kita buat terowongan akses masuk, masih ada kuran 500 meter sampai target. 1996 meter kalau dari awal masuk sapai target," tuturnya.

Menurutnya, dalam terowongan sepanjang ‎1996 ada 98 lubang pengeboran untuk mencari potensi mineral, saat ini realisasinya baru 7 lubang yang dibor.

Hingga saat ini biaya eksplorasi telah mencapai Rp 400 miliar untuk penurunan drift dan sekitar Rp 50 miliar untuk pengeboran definisi sumber daya bawah tanah serta pengeboran hidrologi permukaan.

"Untuk mengebor sedalam ini kemungkinan gagal lebih besar biaya lebih besar, untuk mempersingkat kita putuskan mengebor lebih dekat dari Zona mineral," tandasnya.



Joko Yuwono

Sumber Berita : Liputan6.com
Editor : Joko Yuwono

Test Upload Iklan by Company 728x90-2

Warta Terkait

Industry Leading Waranty