Industry Leading Waranty

HOME MineralNews


Hilirisasi Kunci Dongkrak Pendapatan Industri Tambang Nasional

Selasa, 14 Maret 2019 925

Hilirisasi Kunci Dongkrak Pendapatan Industri Tambang Nasional

Foto : Istimewa

Wartatambang.com, Jakarta. Extractive Industries Transparancy Initiative (EITI) Indonesia mencatat kontribusi industri ekstraktif terhadap perekonomian nasional selama 2016 cenderung turun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Industri ekstraktif adalah industri yang bahan bakunya diambil langsung dari alam sekitar atau lebih dikenal dengan perusahaan tambang.

Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Energi, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Kemenko Perekonomian, Montty Girianna mengatakan hilirisasi adalah kunci untuk mendongkrak kembali pendapatan negara dari sektor industri ekstraktif. Sehingga Indonesia tidak lagi hanya mengekspor bahan mentah.

"Hilirisasi jadi penting. Bagaimana caranya nilai ekonomi meningkat. Jadi kita bukan ekspor komoditas mentah tapi produk jadi," ujar Montty di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Montty mengakui, tantangan hilirisasi ini cukup banyak. Salah satunya membutuhkan investasi yang cukup besar dengan imbal hasil (yield) yang tidak bisa langsung diperoleh dalam waktu singkat.

"(Tantangan hilirisasi?) banyak. hilirisasi itu harus investasi, yield (imbal hasil) tidak serta merta sekarang. Tapi kalau ekspor sekarang, yield langsung dengan nilai kecil. Mau kecil sekarang atau gede later on (kemudian)," jelasnya.

Hal lain, kata Montty, adalah mengubah pola pikir perusahaan agar mau mengolah bahan baku menjadi barang bernilai tambah. Pemerintah sudah menyiapkan berbagai insentif mendorong pengusaha mau melakukan hilirisasi.

"Sekarang tinggal pola pikir perusahaan mau seperti apa. Oleh karena itu kita berikan tax pajak. Pajak produk jadi lebih kecil sehingga mendapatkan insentif supaya hilirisasi," tandasnya.



Joko Yuwono

Sumber Berita : Liputan6.com
Editor : Joko Yuwono

Test Upload Iklan by Company 728x90-2

Warta Terkait

Industry Leading Waranty