Home / News / Nasional

Megaproyek Kilang RI-Rusia di Tuban RP 225 T Mulai Jalan

Minggu - 01 Des 2019, 11:23 WIB
Foto: PT. Pertamina (Persero)
Editor : Joko Yuwono | Tim Redaksi

Jakarta, Wartatambang.com -- PT Pertamina (Persero) akan membangun kilang minyak yang terintegrasi dengan pelabuhan di Tuban, Jawa Timur. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendukung rencana tersebut.

"Saya diperintahkan Presiden untuk mengawal proyek-proyek yang menjadi inisiatif pemerintah. Salah satunya adalah pembangunan kilang minyak di Tuban ini. Kita tahu bahwa kita membutuhkan banyak kilang untuk mencukupi kebutuhan 260 juta penduduk Indonesia," kata Budi Karya dalam keterangan tertulis Kementerian Perhubungan, Sabtu (30/11/2019).

Pembangunan Kilang Pertamina Grass Root Refinery (GRR) Tuban ini dilakukan melalui skema kerja sama antara Pertamina dengan perusahaan Rusia, Rosneft Oil Company melalui pembentukan perusahaan joint venture bernama PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PT PRPP).

Pembangunan GRR Tuban merupakan penugasan pemerintah berdasarkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 807K/12/MEM/2016 tertanggal 3 Maret 2016 dan Perpres Nomor 56 Tahun 2018.

Baca Juga: Setelah Nikel, Jokowi Mau Larang Ekspor Timah dan Bauksit Tahun Ini

Pembangunan Kilang di Tuban Tersambung Pelabuhan

PT Pertamina (Persero) akan membangun kilang minyak yang terintegrasi dengan pelabuhan di Tuban, Jawa Timur. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendukung rencana tersebut.

"Saya diperintahkan Presiden untuk mengawal proyek-proyek yang menjadi inisiatif pemerintah. Salah satunya adalah pembangunan kilang minyak di Tuban ini. Kita tahu bahwa kita membutuhkan banyak kilang untuk mencukupi kebutuhan 260 juta penduduk Indonesia," kata Budi Karya.

Baca Juga: Harga Batu Bara Tembus US$414 per Ton di Pasar Internasional

Kata Kunci : ePCS Plantation Software

Halaman :
BERITA PILIHAN
Berita Lainnya